• Implementasi Internet of Things

     Contoh IoT dalam Smart Traffic
    Saat ini Internet of Things sudah  banyak diterapkan di beberapa bidang keilmuan dan industri, seperti dalam bidang ilmu kesehatan, informatika, geografis dan beberapa bidang ilmu lainnya. Berikut ini beberapa contoh penerapan IoT:

    1. Smart Traffic





    Contoh IoT dalam Smart Traffic
    IoT dalam bidang manajemen lalu lintas dapat berguna untuk menganalisa lalu lintas kendaraan bermotor di jalan, mulai dari tingkat kemacetan di jalan, kecepatan rata-rata kendaraan bermotor, jalan alternatif jika ada kemacetan, dimana semua informasi tersebut diberikan secara realtime.

    2. Smart Farming







    Contoh IoT dalam Smart Traffic 

    IoT dalam bidang pertanian dapat dimanfaatkan utuk menganalisa pertumbuhan tanaman sehingga menghasilkan hasil panen yang maksimal, seperti : mendeteksi jenis hama atau penyakit yang menyerang tanaman, informasi kelembapan tanah, informasi cuaca, informasi sumber daya air yang terbatas yang tersedia untuk mengurangi pemborosan air dsb.

    3. Home Automation






    Contoh IoT dalam Home Automation 

    IoT  untuk home automation atau lebih dikenal dengan smart home dapat digunakan untuk memonitor penggunaan segala energi yang ada di dalam rumah kita, memonitor air, mendeteksi kondisi terbuka atau tertutupnya pintu dan jendela, mendeteksi keberadaan manusia/binatang dsb.

    Masih banyak contoh-contoh penerapan atau implementasi dari IoT ini, bahkan trend ini akan terus berlanjut sehingga akan dihasilkan terapan IoT dalam segala lini kehidupan yang tujuannya memang untuk mempermudah pekerjaan kita.

    Ada juga implementasi internet of things yang lain ;

    •    Dalam bidang medis

    Rupanya internet of things ini sangat bermanfaat dan dapat digunakan untuk mengetahui keadaan pasien dengan cepat. Implementasi internet of things dalam bidang medis ini berupa penggunaan NFC serta RFID yang sengaja dipasang pada perangkat medis agar memudahkan pengelolaan dari mantenence alat.Hanya cukup dengan cara di scan, maka informasi mengenai alat tersebut akan muncul. Pemasangan sensor detak jantung serta sensor lainnya yang dihubungkan ke tubuh pasien akan terhubung dengan ruang pusat control untuk memonitor keadaan pasien secara langsung.
    •    Dalam bidang property

    Implementasi internet of things selanjutnya yaitu dalam bidang property. Dalam sebuah gedung perkantoran, pemerintahan ataupun yang lainnya pastilah ada CCTV, eskalator, lift, instalasi saluran air, gas, kelistrikan dan lain sebagainya. Nah, tentunya untuk memonitoring semua itu dibutuhkan komputer untuk mengawasinya.Tentunya, hal tersebut tidak dapat berjalan dengan baik apabila tidak adanya internet.
    Dalam setiap sudut gedung tersebut pastinya memiliki sensor yang digunakan untuk memonitoring alat. Kemudian, hasil sensor tersebut akan dikumpulkan dalam server lalu kemudian akan diolah menjadi sebuah informasi. Nah, informasi tersebutlah yang akan digunakan sebagai monitoring untuk mengetahui kondisi gedung tersebut.
    •    Dalam bidang keamanan

    Anda pasti sering menjumpai CCTV dalam berbagai gedung, tempat umum maupun ruangan. Ya, pastinya CCTV tersebut memiliki ruang control yang digunakan untuk melihat keadaan yang direkam oleh kamera CCTV.Untuk menghubungkan informasi gambar yang didapat ke ruang control maka dibutuhkan jaringan internet. Oleh karena itu, inilah alasan mengapa internet of things sangat bermanfaat dalam bidang keamanan.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar