• Sensor dan Fungsinya di IOT

    Sensor dan Fungsinya di IOT


    Sensor adalah alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi sesuatu, pendektesianya dapat berupa suhu, kecepatan, jarak dapat juga mengukur magnitude (besaran) sesuatu.
     
    Sensor Cahaya
    Sesuai dengan namanya sensor ini digunakan terhadap objek yang memiliki bentuk cahaya. Sensor cahaya memiliki 3 macam katagori antara lain, fotovoltaic, fotokonduktif, fan fotolistrik.  Kemudian bagaimana contoh dari sensor cahaya yang biasa digunakan ? Contoh dari sensor cahaya antara lain, LDR, Fotodiode, dan Fototransistor.
     
    Sensor Tekanan
    Sensor tekanan memiliki transduser yang mengukur ketegangan kawat menjadi sinyal listrik.
     
    Sensor Proximity
    Sensor Proximity dikenal dengan sensor jarak, yakni sensor yang mampu mendeteksi keberadaan benda yang berada didekatnya tanpa melakukan kontak fisik secara langsung.
     
    Sensor Ultrasonik
    Sensor ultrasonic ini bekerja menggunakan prinsip pantulan gelombang suara.
     
    Sensor Kecepatan atau PRM
    Proses yang digunakan dalam sensor kecepatan merupakan proses kebalikan dari suatu motor, dimana suatu poros atau object yang berputar pada suatui generator akan menghasilkan suatu tegangan yang sebanding dengan kecepatan putaran object.
     
    Sensor Magnet
    Sensor magnet sangat berpengaruh pada medan magnet. Sensor ini dikemas dalam bentuk kemasan yang hampa dan bebas dari debu, kelembapan, asap ataupun uap.

    Sensor Penyandi
    sensor ini digunakan untuk mengubah gerakan linear atau putaran menjadi sinyal digital, dimana sensor putaran memonitor gerakan putar dari suatu alat.
     
    Sensor Flow Meter
    Sensor yang digunakan untuk mengetahui flow dari suatu material baik solid maupun liquid.
     
    Sensor Flame
    Sesuai dengan namanya sensor ini dapat mendeteksi nyala api dengan panjang gelombang 760 nm ~ 1100 nm.

    Sensor Temperatur dan Kelembaban
    berbagai macam sensor dan fungsinya dari sensor ini juga termasuk atau sering di sebut orang sebagai sensor suhu, jenis sensor ini dapat mendeteksi sebuah temperature dan kelembapan.
    sensor ini fungsi utama untuk proses pengukuran suhu dan kelembapan. Misalnya saja ketika anda membuat project stasiun cuaca berukuran kecil, membuat thermostat, atau aplikasi yang berhubungan dengan pertanian.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar